Home Terkini Bupati Devi Suhartoni Hadiri Panen Perdana Jagung di Desa Lawang Agung

Bupati Devi Suhartoni Hadiri Panen Perdana Jagung di Desa Lawang Agung

41
0
SHARE

Murexs.com
MURATARA – Bupati Devi Suhartoni menghadiri kegiatan panen perdana jagung bersama petani di Desa Lawang Agung Kecamatan Rupit kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) Provinsi Sumatera Selatan, Sabtu 08/01/2022.

Panen perdana jagung di atas lahan seluas sekitar empat hektare ini turut di hadari Bupati Muratara Devi Suhartoni, PLT dinas pertanian Muratara Ade Meiri, kadis Ketapang Muratara ASIM, camat Rupit Muhtaridi, OPD , kades Lawang Agung karang berserta perangkatnya dan tamu undangan.

“Alhamdulilah, hari ini kita bersama menghadiri panen perdana jagung dan hasil panen nya cukup melimpah, tentu keberhasilan ini, atas peran dan pembinaan yang dilakukan pihak terkait kepada petani jagung di wilayah ini,” kata Bupati Muratara.

Pada kesempatan ini, Bupati Muratara meminta agar keberhasilan panen jagung yang dilakukan salah satu kelompok tani di Desa Lawang Agung ini dapat memotivasi desa lainnya.

“Setiap desa, agar dapat mempersiapkan lahan untuk ketahanan pangan di wilayahnya. Keberhasilan panen di Desa Lawang Agung ini bisa menjadi contoh dalam pengembangan jagung di desa lainnya,” ujar Bupati Devi Suhartoni.

Kemudian kepada seluruh warga, bupati berharap agar dapat berperan dalam mendukung ketahanan pangan di wilayahnya dengan memanfaatkan lahan – lahan kosong untuk menanam jagung, singkong dan jenis ubi-ubian lainnya.

Sementara itu PLT dinas pertanian Muratara, Ade Meiri kepada awak media mengatakan panen perdana jagung yang di kelola petani di Desa Lawang Agung ini, hasilnya cukup lumayan memuaskan dan terkeloka dengan baik oleh petani ini, seperti proses pemupukan dan perawatan lainnya.

“Budidaya jagung merupakan salah satu peluang usaha yang menjanjikan bila diusahakan dengan baik,” ucapnya.

Dalam hal ini, Ade Meiri memaparkan hasil panen yang diperoleh petani di ko ahan empat hektar tersebut mencapai 20 ton Pertiga bulan untuk satu kali panen dan untuk pasar pejualanya lumayan banyak karena jagung ini merupakan bahan pokok terutama untuk pembuatan pakan ternak.

Ia juga mengatakan, untuk kedepannya pihak kami akan memperluas kan petani jagung ini bukan di desa Lawang Agung saja tetapi di seluruh Desa yang ada di wilayah kabupaten Muratara.

Jurnalis David

Klik : Sumber Berita