Home Terkini Seekor Gajah Kembali Rusak Kebun Warga Pauh

Seekor Gajah Kembali Rusak Kebun Warga Pauh

19
0
SHARE

-Kekahwatiran masyarakat Desa Pauh 1 Kecamatan Rawas Ilir Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), terhadap seekor gajah liar yang kembali merusak perkebunan warga kembali terjadi, Rabu (16/9).

Informasi yang dihimpun dilapangan, seekor gajah liar tersebut juga merusak tanaman pohon pisang dan mulai masuk kepemukiman masyarakat yang berada dipinggiran kampung, membuat warga semakin khawatir dan cemas.

Hal itu dibenarkan oleh Kepala Desa Pauh I Juherman, bahwa seekor gajah tersebut sering masuk keperkebunan masyarakat saat menjelang soreh hari.

“Gajah ini mulai menjelang sore sepertinya mendekati perkebunan dan perkampungan warga. Sehingga saat pagi hari diketahui bekas dan jejak hewan tersebut telah merusak tanaman milik warga,” kata ia.

Dilanjutkanya, jika hal tersebut semakin tidak diatasi maka luasan lahan perkebunan milik masyarakat makan semakin banyak yang dirusak. Sementara sampai sepekan terakhir belum ada upaya pemerintah dari kabupaten terkait gajah tersebut.

“Kami pemerintah desa dan masyarakat hanya bisa berupaya agar hewan tersebut dihalau jauh. Namun tetap kembali. Dan kekahwatiran masyarakat takut gajah ngamuk dan mengancam keselamatan masyarakat,” jelas ia.

Dilanjutkanya, bahwa dirinya, pemerintah desa dan masyarakat desa sudah melakukan penghalauan terhadap gajah tersrbut, namun usaha itu tidak membuah kan hasil. Pihaknya berharap pada pemerintah tripika, pemkab, pemprov dan instansi yang terkait agar gajah tersebut dapat di kembalikan ke habitatnya.

Serupa yang dikatakan warga setempat, Sudarno keberadaan seekor gajah diwilayah Desa Pauh semakin mengkahwatirkan dan mencemaskan bagi warga. Mengingat keberadaan gajah sering kembali hingga mendekati permukiman masyarakat.

“Jika hal ini semakin dibiarkan. Maka akan menimbulkan kerugian besar bagi warga yang memiliki perkebunan bahkan mengancam keselamatan warga,” papar ia.

Sedangkan, pihak pemerintah Daerah, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Muratara, saat dikonfirmasi beberapa waktu lalu mengatakan belum dapat turun kelapangan dan baru bisa melaporkan hal tersebut ke BKSDA Provinsi.

“Kami sudah laporkan ke BKSAD Provinsi terkait adanya seekor gajah desawa yang meresakan masyarakat desa Pauh I di Kecmatan Rawas Ilir,” kata Kepala BPBD Muratara, Syarmidi singkat. (fei)